MADU Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi madu secara teratur mengurangi resiko penyakit jantung, bedasarkan studi awal yang diterbitkan dalam “ Journal of Medicinal Food” (2004;1:100-7).Beberapa study ilmiah menyarankan dengan mengkonsumsi madu dapat mengurangi tekanan darah yang menyebabkan penyakit jantung.

Bagi sebagian orang justru mengangap mengkonsumsi madu akan menyebabkan obesitas, LDL tinggi dan tekanan darah tinggi yang mengakibatkanpenyakit jantung. Mengapa? Karena mereka berfikir madu mempunyai rasa manis yang berasal dari sucrose, glucose dan fructose. Kita ketahui bahwa mengkonsumsi sucrose secara berlebih dipercaya meningkatkan resiko obesitas, resisten terhadap insulin dan tekanan darah tinggi. Sucrose juga mengurangi HDL yang menguntungkan dan meningkatkan tingkat triglyceride. Fruktose mempunyai efek yang sama dengan sucrose.

Disinalah keajaiban lebah madu , gula-gulaan seperti sucrose, glucose dan fructose yang terkandung dalam madu justru menyehatkan. Lebah menghasilkan madu murni dengan menghisap nectar bunga yang kaya akan gula-gulaan tersebut tetapi lebah memproses gula-gulaan itu terlebih dahulu di dalam perut lebah . Setelah nectar diolah dalam tubuh lebah menjadi madu, barulah lebah mengeluarkan madu dari dalam perutnya. Jadi gula-gulaan yang terdapat dalam madu sudah diproses dalam perut lebah terlebih dahulu sehingga madu langsung bisa meresap kedalam darah kita. Berdasarkan riset ilmiah, madu bisa meresap kedalam darah sekitar 10 menit. Ini bisa kita buktikan jika kita lelah sehabis olah raga kemudian meminum madu murni tubuh kita cepat merasa segar kembali.

Madu disamping mengandung gula-gulaan juga mengandung banyak enzyme potensial yang menguntungkan seperti asam amino, madumengandung bee pollen, propolis, lilin lebah dan nutrisi yang berasal dari tanaman dan tubuh lebah sendiri.

Beberapa zat kimia dalam darah dapat digunakan untuk memonitor tingkat resiko penyakit jantung. Beberapa tahun sebelumnya, tingkat kolesterol dan LDL (“jelek/jahat”) telah digunakan untuk memonitor tingkatpenyakit jantung dan akhir-akhir ini homocysteine dan C-reactive Protein (CRP) telah ditambahkan sebagai penyebab/factor penyakit jantung. Orang dengan tingkat homocysteine tinggi memiliki tingkat penyakit jantung, kanker dan beberapa penyakit bahaya lainya.

Homocysteine yang tinggi dapat diturunkan dengan vitamin B6, B12 dan folic acid. Tingkat CRP yang tinggi juga dapat untuk memprediksi penyakit jantung. Tingkat CRP meningkat disebabkan oleh merokok, tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit gusi kronis.

Study penelitian ini dilakukan terhadap lima sampai sembilanorang dalam tujuh percobaan. Dalam masing-masing percobaan dilakukan tes darah sebelum dan sesudah meminum larutan yang mengandung madu, glucose dan madu buatan ( mengandung setengah sucrose dan setengah fructose). Larutan yang digunakan dalam percoban mengandung antara 1 – 3 once madu, glucose atau glucose dan fructose.

Dari hasil percobaan, orang yang mengkonsumsi larutan madu tingkat kolesterol, LDL dan triglyceride secara total menurun tetapi tidak bagi yang meminum larutan glucose dan madu buatan.

Setelah 15 hari percobaan, orang yang mengkonsumsi madu tingkat HDL (baik) meningkat dan tingkat Homocysteine menurun. Efek dari mengkonsumsi madu setiap hari selama 15 hari bagi orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi : total kolesterol menurun 8%,LDL (jahat) kolesterol menurun 11%, dan CRP menurun 57%.

Hasil riset study ini merekomendasikan bahwa madu mempunyai efek yang positif bagi penderita penyakit jantung. Dalam relative singkat, madu dapat menurunkan kolesterol dan yang paling dramatis adalah menurunkan tingkat CRP terhadap orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Tampaknya CRP mempunyai peranan penting penyebab penyakit jantung selain kolesterol.

Jadi mengkonsumi sucrose, glucose dan fructose bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, study ini merekomendasikan memakan madu bukan hanya aman tetapi pada kenyataanya justru menyehatkan jantung.

Diterjemahkan oleh www.binaapiari.com :Maureen Williams, ND. Recived her bachelor’s degree from the University ofPennnsylvania and her Docctorate of Naturopathic from Bastyr Univesity in Seattle, WA. She has a private practice in Quechee, VT, and does extensive work with traditional herb medicine in Guatemala and Honduras. Dr. Williams is a regular contributor to Healthnotes Newswire.

15 Responses to “MADU Mengurangi Resiko Penyakit Jantung”

  1. salam kenal juga pak. Bagus info-infonya InsyaAllah nanti say link dari blog saya.

    Reply

  2. Banyak anggapan bahwa madu lebah hutan lebih baik daripada madu lebah ternak. Benarkah?

    Reply

  3. madu hutan dan madu ternak perbedaanya adalah sumber nektarnya. nektar bunga tertentu diyakini lebih dibandingkan tetapi juga tergantung manfaatnya yang mau kita ambil. bunga kapuk bagus buat anak, madu karet bagus buat stamian dll.

    madu hutan dan madu ternak perbedaanya adalah banyak tidaknya kandungan bee pollen, royal jelly dan propolis di dalamnya.

    madu hutan karena langsung diperas maka bee pollen dan royal jelly biasanya langsung menyatu dalam madu.

    lebah ternak pada proses panennya memisahkan hasil madu, bee pollen, royal jelly dan propolis.

    jadi denngan memadukan madu, bee pollen dan royal jelly akan mengoptimakan produk lebah.

    kami menyediakan madu 3in1 yang banyak mengandung bee pollen dan royal jelly jadi kandungannya pasti lebih baik dari madu hutan

    Reply

  4. Salam kenal pak, terima kasih atas kunjungannya ke Blog saya

    Reply

  5. pak saya mahasiswa yang sedang mnyelesaikan skripsi tentang khasiat madu untuk mencegah oksidasi LDL, mohon bantuan jika ada jurnal yang berhubungan dengan materi saya tersebut, mohon dikirimkan ke alamat email saya, terima kasih

    Reply

  6. knapa ya aku sering gemetar dan mudah sekali cemas
    kadang cemas hanya karena suara- suara yang agak keras

    Reply

    admin Reply:

    Bapak sebaiknya belajar meditasi untuk mengendalikan pikiran/perasaan…… madu dan propolis juga sangat membantu menguatkan jantung dan juga membantu merelakskan ketegangan dan kecemasan bapak.

    Reply

  7. wach akhirx dpat pencerahan,cz slama ni sy parno bgt takut kalo kolesterol tambah naik jika minum madu. Skrg sy lag terapi alternatif dan dianjurkan untuk minum madu,madu yang dikasi gmt & pollen. Mau ? Nich pak kalo kandungan madu sebenarx apa aja, trus sy kan alergi bgt ma glukosa juga fruktosa, bisa bkin batuk2 dan radang tenggorokan. Kalo madu ga pa2 yach dikonsumsi. Mhon penjelasanx yach…….

    Reply

    admin Reply:

    untuk yang alergi…sebaiknya konsumsi propolis terlebih dahulu. propolis juga sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

    Reply

  8. memang kelebihan madu yang dihasilkan dari lebah ternyata membawa manfaat yang lebih bagi tubuh kita. namun banyak yang menjual lebah madu tetapi mengalami percampuran dengan bahan bahan tertentu sehingga keaslian madu yang kita konsumsi kebanyakan telah tercemar oleh zat-zat yang malah merugikan tubuh kita. tolong bagi pembaca yang mengetahui untuk memberikan contoh beserta gambar madu yang asli dengan madu yang telah diolah untuk kepentingan tertentu terutama dari oknum yang menjualnya.

    Reply

  9. Bagaimana menandai madu yg kita beli asli atau tidak ya?

    Reply

    admin Reply:

    @yusrizal: secara fisik bagi yg awam sangat susah membedakan madu asli atau bukan. supaya yakin minimal beli ke peternak lebah madu yag dipercaya

    Reply

  10. Bener-bener saya terkesima saat berkunjung ke blog anda, bahasannya sangat bermanfaat buat saya dan keluarga, saya berharapa anda menulis terus dan bisa menjadi inspirasi buat keluarga lainnya, terima kasih

    Reply

  11. tks…….tulisan bapak sangat berguna,,,,,,bertambah lgi 1ilmu manfaat tentang madu.

    Reply

  12. wach informasi tentang madu ini sangat bermanfaat !!!! Pantas selama ini pada saat saya merasa sesak napas , lalu minum madu perasaan saya menjadi lebih baik …

    terima kasih infonya

    Reply

Leave a Reply

Get Adobe Flash player