Lebah Madu

Jenis lebah madu yang terkenal adalah Apis Dorsata menghasilkan madu hutan dan Apis Mellifera menghasilkan madu ternak. Lebah madu jenis Apias millifera dapat menghasilkan madu, bee pollen, royal jelly dan propolis dalam jumlah yang cukup tinggi setiap tahunnya.

lebah madu Lebah Madu

Lebah madu jenisApis mellifera sering disebut lebah madu Italia. Lebah madu ini sangat poluler sebagai lebah madu ternakan di Eropa, Amerika, dan Australia. Sekarang hampir semua peternakan lebah di seluruh dunia memakai lebah Apis Mellifera dikarenkan mampu menghasilkan madu dengan jumlah 200 kg perkoloni pertahun.

Lebah madu ini lebih mudah diternakan, sifatnya yang jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga lebah jenis ini tidak mudah meninggalkan sarangnya. Peternak akan menggembalakan lebah jenis ini mengikuti musim bungasebagai sumber pakannya dan menghasilkan madu berdasarkan sumber bunga tersebut. Di pulau Jawa peternak lebah bisa menggembalakan lebah di perkebunan Kapuk, Mangga, Rambutan, Kelengkeng, Duwet dan Karet.

Peranan lebah madu sebagai penyerbuk bunga sangat besar, sehingga sangat diandalkan petani untuk membantu meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan.

Kehidupan Lebah Madu

Lebah madu selalu hidup berkoloni, rata-rata setiap koloni berkisar 60-70 ribu lebah dalam satu sarang. Walaupun populasi yang demikian padat, lebah mampu melakukan pekerjaannya secara terencana dan teratur rapi.

Suatu koloni lebah umumnya terdiri dari lebah pekerja, pejantan dan ratu. Lebah pekerja boleh dikatakan mengerjakan seluruh tugas dalam sarang yaitu membuat sarang, membersihkan sarang, menjaga sarang, memberi makan larva dan ratu lebah, dan yang utama adalah mengumpulkan madu dan bee pollen sebagai seumber pakannya.

Ratu Lebah

Ratu lebah mempunyai tubuh yang lebih besar dan berat 2,8 kali berat lebah pekerja. Setiap koloni lebah hanya ada satu Ratu Lebah jika di dalam satu koloni ada dua ratu lebah maka keduanya akan saling membunuh untuk mendapatka kedudukan sebagia ratu lebah.

Ratu lebah bertugas memimpin dan menjaga keharmonis lebah dalam satu koloni. Semua lebah dalam satu koloni akan sangan mentaati ratu lebah, kemanapun ratu lebah pergi maka satu koloni lebah akan mengikutinya. Selain memimpin koloni lebah, ratu lebah mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan kelangsungan hidup koloni lebah yaitu dengan cara bertelur sepanjang hidupnya.Ratu lebah sanggup bertelur 1500-2000 butir setipa harinya.

Ratu lebah mempunyai umur yang lebih lama dibandingkan dengan lebah pekerja. Lebah pekerja berumur sekitar 40 hari tetapi ratu lebah sanggup hidup hingga 3-5 tahun atau sekitar 30x lebih lama dari lebah pekerja.

Rahasia ratu lebah berumur lebih lama adalah disebabkan ratu lebah mengkonsumsi Royal Jelly sepanjang hidupnya. Sedangkan lebah pekerja hanya mengkonsumsi royal jelly selama 3 hari pada saat menjadi larva.

Lebah Jantan

Lebah jantan mempunyai sifat fisik yang lebih kecil dari ratu lebah tetapi lebih besar dari lebah pekerja. Cirri yang menonjol adalah matanya yang besar. Mata itu terdiri dari faset yang lebih banyak dari pada faset pada matalebah pekerja dan ratu lebah.

Lebah jantan tidak mempunyai pipa penghisap madu dan juga tidak mempunyai kantong pollen dikakinya. Sehingga lebah jantan tidak bertugas mengumpulkan pollen atau madu, lebah jantan hanya membersihkan sarang, menjaga sarang dan tugas ringan lainuya. Fungsi utama lebah jantan adalah mengawini Ratu Lebah.


Lebah Pekerja

Lebah pekerja biasa disebut juga sebagai lebah betina, lebah inilah yang memiliki tanggung jawab pekerjaan sepanjang hidupnya.

Ukuran tubuh lebah pekerja lebih keci daripada lebah ratu dan lebah jantan. Bentuk tubuhnya ramping warnanya hitam kecoklatan dan ekornya mempunyai sengat yang lurus dan berduri. Dengan sengatnya lebah pekerja melindungi sarangnya dan menyerang siapapun yang menggangu.

Lebah pekerja mempunyai tanggung jawab pekerjaan yang berbeda-beda seuai dengan umur lebah pekerja tersebut. Sesaat setelah keluar dari kepompong larva lebah pekerja langsung mempunyai tanggung jawab untuk membersihkan sarang lebah dari kotoran-kotoran, ketika berumur 3-10 hari lebah pekerja ini menghasilkan Royal Jelly yang sangat dibutuhkan larva lebah dan ratu lebah.

Royal jelly dihasilkan Lebah muda setelah lebah tersebut mengkomsumsi madu dan bee pollen. Royal jelly di dari kelenjar lebah yang berada di sekitarleher lebah tersebut.

Lebah muda ini kemudian bertugas memberi makan larva dan ratu lebah. Perlu diketahui Ratu Lebah mengkonsumsi Royal jelly sepanjang hidupnya.

Setelah lebah pekerjaberusia sekitar 3 minggu, lebah mempunyai tugas baru diluar srangnya yaitu bertugas mencari nectar bunga yang akan diolah menjadi madu dan tepung sari bunga yang diolah menjadi bee pollen.

Lebah terbang mencari pollen dan madu dengan menghinggapi beribu-ribu bunga yang sedang merekah. Lebah menghisap setetes nectar dengan alat hisapnya dan menyimpannya ke dalam kantong madu yang ada di adalam tubuhnya.

Untuk memperoleh sekitar 375gr madu, maka lebah harus mondar mandir sebanyak 75.000 kali untuk mengambil nectar. Untuk jumlah madu yang dikumpulkan sebanyak itu lebah pekerja menempuh jarak terbang yang setara dengan 4-6 kali keliling bumi. Bayangkan betapa sibuknya sebuah koloni lebah. Lebah madu bisanya mencari nectar yang berjarak sekitar 3 km dari sarangnya.

33 Responses to “Lebah Madu”

  1. lebah madu sama lebah yang di kampung-kampung sama ga ya? dulu saya waktu kecil sering liat tetangga pelihara lebah di pohon kelapa

    Reply

  2. kalau mau budidaya lebah, dimana ya dapat bibit lebah madunya? tolong ya informasikan ke emai saya, trims

    Reply

  3. saya pingin tahu, bagaimana cara berternak lebah madu, tolong infonya

    Reply

  4. saya mau nanya klau d jatim cara cdp bibit lebah jenis alifera dmn y…?tlg d ksh tau d email saya,trims

    Reply

  5. Tolong dong berikan gambar kandang lebah madu dan ukurannya yang lengkap. Baik untuk ukuran scrinnya pokoknya yang lengkap agar saya bisa membuatnya sendiri. Saya ingin beternak lebah. sebabnya dirumah saya disela dinding dapur ada sarang lebah madu

    Reply

  6. mungkin jenis lebahnya berbeda pak, untuk lebah ternak jenis apis melifera klau yang biasa bersarang di sela2 dinding itu apis cenara. tapi nanti akan di bahas pada artikel selanjutnya beserta contoh kandanganya.

    Reply

  7. tolong perlihatkan ratu lebah dan raja lebah dan gmn cara memindah kan sarah dan memperbanyak darang lebah

    Reply

  8. tolong, bagaimana caranya mengusir lebah yang bersarang didalam rumah saya.mereka banyak sekali dan kami sekeluarga ketakutan.
    mohon maaf kalau saya salah tempat

    Reply

  9. untuk mengusir lebah dari sarang nya cukup dengan menggunakan asap. misalkan pakai karung goni yang di bakar kemudian di basahin sedikit.

    Reply

  10. Saya yusuf dari medan , apa peternakan lebah anda juga menjual kotak untuk koloni lebah dan juga ratu nya? atau ada memberikan penyuluhan tentang hal tersebut. terimakasih.

    Reply

  11. bagaimana cara beternak lebah dipekarangan rumah?

    Reply

  12. dimana bisa dapatin bibit lebah madu australia?
    saya ada di jakarata.
    tx infonya

    Reply

  13. […] Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang […]

  14. siapa yang punya gambar lebah madu dari lebah pekerja.ratu n lebah jantan saya nyari susah banget.terima kasih

    Reply

  15. apa kadar glukosa yang dihasilkan oleh lebah madu itu dipengaruhi oleh jenis lebahnya? kalo iya tolong sbutkan alasannya…. makasih ya…

    Reply

    admin Reply:

    kadar glukosa tergantung sumber bunganya bukan jenis lebah… madu karet mempunyai kadar glukosa lebih tinggi dibandingkan dengan madu kapuk. tapi glukosa madu sudah di olah dalam perut lebah sehingga aman di konsumsi kita tanpa menyebabkan diabetes

    Reply

  16. […] Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke dalam sarang lebah. Lebah meliputi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut dari serbuan kuman, virus atau bakteri seperti: ratu lebah, telur, larva lebah, madu dan semua yang ada didalam sarang lebah madu. […]

  17. lebah tuch beradaptasi dengan apanya.????

    Reply

    admin Reply:

    adaptasi dengan kondisi lingkungan baik suhu maupun sumber makanannya

    Reply

  18. di tempat saya banyak lebah yang di maksud tapi saya ga bisa me manfaatkanya sampai jadi madu di rumah aja sampai ber sarang di beberapa tempat gimana ya budidayakanya ???? terims

    Reply

  19. Each blog that i find, I get a new insigh. Every idea that i find, I find data that could inspire my existance. and I thank u that this article is a part of it. :-)

    Reply

  20. Terima kasih atas artikel yang berbobot ini. Bagaimana caranya mendapatkan lebah Ratu? Apakah lebah Ratu itu bisa dibawa pergi jauh, misalnya, dari Jawa ke Flores? Terima kasih!

    Reply

    admin Reply:

    ratu lebah bisa diperbanyak dengan menggunakan frame2 royal jelly. ya ratu lebah bisa dibawa jauh dengan kotak khusus ratu lebah yang juga diisi lebah2 muda 10-20 EKOR. dengan kotak khusus ratu lebah bisa dibawa maksimal 3 hari perjalanan dengan syarat suhu ruang stabil.

    Reply

  21. Pak terima kasih banyak atas informasinya.. Hal ini yang jarang diberikan kepada umum. Semoga produk bapak mampu melayani kebutuhan madu asli masyarakat.

    Reply

  22. saya ingin bertanya, apakah lebah bisa menghasilkan madu hanya dari bunga mawar atau melati? Selain bunga apakah ada tumbuhan lain yg diperlukan untuk budidaya lebah madu? Terima kasih.

    Reply

    admin Reply:

    budidaya lebah madu membutuhkan tanaman2 yg banyak menghasilkan nektar spt Kapuk Randu, Klengkeng, Karet, kaliandra, Mahoni, mangga dan rambutan.. 100 koloni lebah minimal membutuhkan 10 hektar tanaman yg berbunga.

    Reply

    johnie Reply:

    jadi jika saya memelihara lebah madu hanya di kebun bunga yg tdk memilik pohon2 seperti diatas maka lebah madu tdk bs hidup atau memproduksi madu?

    Reply

  23. beda apis dorsata sama apis mellifera apa ya? yg lebih bagus digunakan dilihat dari kealamiannya yg mana?

    Reply

    admin Reply:

    Apis dorsata itu lebah hutan liar.. apis millifera = lebah yang bisa diternakan. lebah yg bisa diternakan ada jenis apis millifera, cerana dan lebah trigona

    Reply

  24. Pak,,,adakah cara selain cara(seperti penjelasan di atas)memindahkan ratu lebah ke stup yg sudah di sediakan(Stup)….. karena didinding rumah ( ada celah ) lebah membuat sarang( mungkin lebah jenis apis millifera),,,mohon penjelasannya….terimakasih.

    Reply

  25. Maaf pak,,,,,mungkin apis cerana atau apis millifera…
    terima kasih.

    Reply

    admin Reply:

    Ya yang umum dibudidayakan, apis cerana (lebah lokal), apis millifera dan lebah trigona sebagai lebah penghasil propolis paling banyak

    Reply

  26. Maaf pak pertanyaanya,,,,Adakah cara lain untuk memindahkan ratu lebah selain cara yg sudah di jelaskan di atas,,,,terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Get Adobe Flash player